Menapaki Magisnya Candi Gempur Adan-Adan yang Nyaris Terkubur

Kediri merupakan salah satu wilayah peradaban kerajaan Hindu-Budha kuno di masa lampau. Tidak heran jika di Kediri masih banyak ditemukan situs-situs peninggalannya seperti candi, prasasti, arca dan sebagainya. Salah satu peninggalan peradaban Hindu-Budha kuno di Kediri adalah Candi Gempur Adan-Adan yang nyaris terkubur oleh tanah.

Adan-Adan sendiri merupakan nama sebuah desa di Kecamatan Gurah yang letaknya paling utara, berbatasan langsung dengan Kecamatan Pare.

Menggali Situs Bersejarah,  Candi Gempur Adan-Adan

Lokasi candi

Desa Adan-Adan terkenal dengan Candi Gempur yang beberapa tahun ini ditemukan dan mulai digali. Jika ingin berkunjung ke candi ini, dari Simpang Lima Gumul (SLG) menuju ke arah Pare sekitar 8 kilometer.

Kemudian berhenti pada pertigaan arah menuju ke gedung Ahmadiyah kiri jalan, lalu belok kiri hingga sekitar 1,5 kilometer. Candi berada di wilayah perkebunan durian merah milik salah seorang warga.

Candi Gempur yang nyaris terkubur dan hilang

Menurut pemilik kebun, Syamsuddin, bangunan candi masih banyak yang terbenam dalam tanah. Yang dapat terlihat sekarang hanya beberapa komponen batu andesit dan tumpukan bata kuno tersebar di area kebun. Ragam hias batu andesit begitu indah dan tidak dapat dijumpai di situs-situs lain misal di Situs Tondonwoso.

Menurut cerita dari kakeknya, Candi Gempur sudah ada sejak 5 abad sebelum Kerajaan Majapahit dan kedua batu andesit yang disebut Makara merupakan arca raksasa yang menjadi pintu masuk candi.

Mitos yang beredar di kalangan warga sekitar

Lanjut warga, sepasang batu Makara tersebut sebenarnya pernah digali dan diteliti oleh para arkeolog dari Museum Mpu Tantular sekitar tahun 1970-an. Pernah juga dilakukan penelitian oleh BP3 Trowulan sekitar tahun 1990-an. Namun, ada kejanggalan terjadi. Dimana setiap kali digali, bentuk arca seolah semakin amblas, semula 3 meter menjadi 5 meter.

Bahkan ada seorang warga yang kencing sembarangan di sekitar candi, kemudian jatuh sakit hingga tidak bisa diobati bahkan ada yang sampai gila. Bangunan Candi Gempur Adan-Adan ini ternyata merupakan peninggalan era Kerajaan Kadhiri. Ciri khas bangunannya perpaduan antara candi di Jawa Timur dan di Jawa Tengah.

Hingga saat ini, penggalian situs Candi Gempur oleh pemkab Kediri terus berlangsung dan diharapkan akan segera menjadi salah satu lokasi obyek wisata bersejarah di Kediri.