Tahu Takwa Khas Kediri, Lebih dari Sekedar Olahan Kedelai

Ada yang unik dari kota Kediri. Selain dikenal sebagai salah satu kota santri di Jawa Timur, Kediri juga dikenal sebagai Kota Tahu karena menjadi salah satu kota penghasil tahu terbesar di Jatim.

Tahu di Kediri pun tidak sembarang tahu, melainkan tahu kuning yang khas dan rasanya lezat. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Tahu Takwa khas Kediri, yang sering diburu sebagai oleh-oleh.

Tahu sendiri sebenarnya bukan makanan asli bangsa Indonesia, melainkan dibawa oleh perantau Tiongkok berabad-abad silam. Tahu berasal dari kata “Dou Fu” (dibaca: tofu) yang artinya kedelai yang diolah.

Rasa dan aroma yang khas dari Tahu Takwa menjadikannya berbeda dari tahu-tahu pada umumnya. Tahu Takwa berwarna kuning, berasal dari proses pemasakan dengan menggunakan kunyit dan garam.

Mengenal Asal-Usul Tahu Takwa Khas Kediri

Asal-usul Tahu Takwa versi pertama

Mengapa tahu kuning Kediri disebut dengan Tahu Takwa? Ada beberapa versi cerita yang berbeda mengenai sejarah dan asal-usul dari tahu kuning yang dibungkus dengan besek (keranjang bambu) ini. Versi pertama mengatakan kata “takwa” berasal dari bahasa Mandarin yang artinya ‘aroma’. Sesuai dengan aroma khas yang dihasilkan oleh tahu.

Asal-usul Tahu Takwa versi kedua

Sementara itu, versi kedua menceritakan disebut ‘takwa’ karena kota Kediri merupakan salah satu kota dengan jumlah santri yang sangat banyak. Sehingga disebutlah demikian karena santri identik dengan anak-anak muda yang bertakwa.

Asal-usul Tahu Takwa versi ketiga

Ada lagi versi berbeda mengenai asal-usul Tahu Takwa Kediri. Bermula dari kebiasaan dari para pembawa tahu ke dalam Indonesia, yaitu masyarakat dari suku Hokkian yang paling banyak menetap di Indonesia menyebut istilah tahu dengan sebutan “tahu Kwa”. Kata ‘kwa’ sendiri kurang lebih digunakan untuk menyebutkan makanan yang bertekstur kenyal dan padat seperti tahu.

Lantas, oleh masyarakat Jawa, kata ‘kwa’ dipermudah menjadi ‘takwa’, jadilah nama tahu kuning khas Kediri seperti sekarang “Tahu Takwa” yang menjadi salah satu oleh-oleh wajib saat berkunjung ke Kediri. Salah satu produsen Tahu Takwa khas Kediri yang paling terkenal adalah Tahu Takwa Bah Kacung di Jalan Trunojoyo, 59, Kediri.